Rabu, 02 November 2011

Perawatan Kulit Muka atau Wajah dengan Menghilangkan Jerawat

      Penyakit jerawat biasaya mnjangkit anak-anak muda, baik pria maupun wanita. Jerawat ini rasanya tidak sakit, tetapi bagi yang terjangkit ini biasanya merasa malu dan berusaha untuk menghilangkannya.
Penyakit ini biasanya disebabkan oleh:
  1. Kurang keluarnya keringat
  2. Karena darah kotor
  3. Karena pengaruh alkohol disebabkan kosmetik yang tidak cocok
  4. Terlalu banyak makan zat minyak atau yang mengandung lemak, contohnya: kacang, kedelai, kwaci, susu, dll.
Cara merawat kulit muka / wajah, terutama yang berjerawat ada 2 macam :
  1. Pembersihan yang diikuti oleh penyegaran
  2. Perawatan dengan menggunakan bedak dingin.
A. Cara perawatan kulit muka dengan penyegaran.
      JIka akan tidur kulit muka kita gosok-gosok dengan irisan tomat atau dengan irisan mentimun, atau yang lebih bagus lagi mentimun diparut dan dicampur dengan sedikit air, kemudian disaring dengan kain yang tipis. Akhirnya , akan kita peroleh air mentimun. Air mentimun tersebut diusapkan pada kulit muka kita dengan kapas sehingga merata.
      Paaginya bangun tidur kita ambil handk kecil, kemudian kita masukkan air hangat dan diperas sedikit, kemudian usapkan pada wajah yang telah digosok dengan air mentimun tersebut. Air hangat gunanya untuk menghilangkan lemak-lemak pada kulit muka. Kemudian ambil handuk kecil lagi dan masukkan ke dalam air es. Juga caranya sama, handuk tersebut diperas sedikit kemudian usapkan pada wajah yang telah disapu dengan air hangat tersebut. Sedangkan gunanya air es untuk merapatkan pori-pori pada kulit muka.

B. Cara perawatan kulit muka dengan bedak dingin.
      Bedak dingin ada 2 macam :
  1. Bulat-bulat seperti telur cicak kecil-kecil
  2. Masih merupakan tepung.
Cara Pemakaiannya:
      Bagi yang berbentuk telur cicak, kita ambil satu atau dua butir, diremas-remas dengan sedikit air. Kemudian dibedakkan pada kulit muka jika akan tidur.
      Untuk bedak yang berupa tepung, ambil satu sendok teh kecil dan dicampur dengan sedikit air, dan digunakan pada saat sebelum tidur. Caranya sama dengan menggunakan bedak yang berbentuk seperti telur cicak tersebut. Paginya kulit dicuci dengan air biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar